">

Mengenang Almarhum Robby Sugara

Robby Sugara Meninggal Dunia, Anaknya Sebut Sang Ayah Sempat Sesak Napas hingga Muntah

REOTAC.COM — KABAR duka dalam dunia perfilman Indonesia kembali terjadi, meskipun ajal pati pasti akan memenui siapa pun juga. Kamis, 13 Juni 2019, sekitar pukul 00.10 WIB, aktor senior, Robby Sugara meninggal dunia di Rumah Sakit Cipayung Jakarta Timur

Patricia Grace, putri almarhum menjelaskan kronologis meninggalnya sang ayah. Tanpa memiliki riwayat penyakit yang terbilang serius, sang ayah, menurut Grace meninggal lantaran serangan jantung.

“Meninggal semalem, Kamis dinihari karena serangan jantung,” ucap Grace.

Proses kepergian sang bintang iklan Brisk itu pun terbilang singkat. Sempat mengalami sesak nafas yang memaksanya masuk ruang UGD, Robby Sugara lantas menghembuskan nafas terakhirnya 30 menit setelah mendapat perawatan intensif.

“Sempet diusahain pakai alat pemicu detak jantung tapi nggak berhasil, meninggal 30 menit setelah masuk UGD,” terangnya kemudian.

Jenazah sempat disemayamkan di Rumah Duka RSU UKI, Jakarta Timur sebelum dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur pada Jumat 14 Juni 2019 mendatang.

Menurut Ferdinan, menantu Robby Sugara, jenazah aktor yang lahir pada 20 Juli 1950 itu, saat ini disemayamkan di rumah duka RS UKI, Jakarta Timur.

Ferdinan yang merupakan suami dari anak pertama Robby, Ella Inggrid, menuturkan sang mertua sedang berada di tempatnya saat terkena serangan jantung.

Sang aktor segera dibawa ke RS Adhyaksa, Jakarta Timur, namun keadaannya sudah kritis. Aktor keturunan Jawa, Ambon dan Belanda itu menghembuskan napas terakhir di sana, lalu dibawa ke rumah duka RS UKI.

Menurut Ferdinan, mertuanya tidak memiliki riwayat penyakit jantung, namun pernah mengalami stroke ringan dan mengidap penyakit gula.

Robby aktif berkarir di dunia perfilman Indonesia sejak periode 1970-an. Film-film yang dibintanginya di antaranya “Wajah Tiga Perempuan”, “Ratapan Anak Tiri II”, “Ke Ujung Dunia” pada era 70-an dan 80-an hingga “Garuda Superhero” (2015), “Terjebak Nostalgia” (2016), “3 Dara 2” dan film terbaru “Jangan Sendirian”.

Senada dikatakan sang anak, Juan Bernard. Juan mengatakan bahwa ayahandanya meninggal dunia karena terkena serangan jantung.

Sebelumnya pemain film Terjebak Nostalgia itu pernah mengalami serangan jantung pada Mei 2019 lalu dan berhasil pulih.

“Ya sebelumnya pernah kena serangan jantung sih dan ini yang kedua kali,” katanya ditemui di rumah duka, seperti yang dikutip TribunStyle.com dari TribunSeleb, Kamis (13/6/2019).

Diungkapkan Juan, sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Robby Sugara sempat berkumpul dengan keluarga besarnya pada Rabu (12/6/2019) malam.

“Papi meninggal setelah berkumpul di rumah kakak yang pertama, Rabu pukul 23.00 WIB. Setelah itu papi kena serangan jantung,” ucap Juan Bernard, seperti yang dikutip Wartakotalive.

Robert Kaihena Sugara (lahir di Malang, Jawa Timur, 20 Juli 1950 – meninggal di Jakarta, 13 Juni 2019 pada umur 68 tahun), yang terkenal dengan nama Robby Sugara, adalah seorang aktor berdarah Jawa-Ambon-Belanda.

Pada tahun 1975, aktor ini terkenal karena iklan pria Brisk yang dibintanginya. Ia merupakan salah seorang aktor kawakan pada periode 1970 hingga 1980-an.

Namanya dapat disejajarkan dengan Tanty Yosepha, Yenny Rachman, Yati Octavia, Doris Callebaute, dan Roy Marten. Ia menikah dengan Bertha Suwages dan memiliki tujuh anak.

Film
1975 Rahasia Perawan
1976 Sentuhan Cinta, Wajah Tiga Perempuan, Ranjang Siang Ranjang Malam, Kisah Cinta, Ciuman Beracun, Liku-Liku Panasnya Cinta, Widuri Kekasihku
1977 Gaun Hitam, Cowok Komersil, Akibat Pergaulan Bebas, Papa, Sorga, Selimut Cinta, Nasib Si Miskin, Marina
1978 Buaja Deli, Perempuan Tanpa Dosa, Si Genit Poppy, Pandangan Pertama, Akibat Godaan, Pulau Cinta, Petualang Cinta
1979 Anna Maria, Kabut Sutra Ungu, Romantika Remaja
1980 Sejoli Cinta Bintang Remaja, Permainan Bulan Desember, Bukan Sandiwara, Senggol-senggolan, Nikmatnya Cinta, Cantik, Ratapan Anak Tiri II
1981 Detik-detik Cinta Menyentuh, Dr. Karmila, Nila di Gaun Puti, Amalia SH, Dalam Lingkaran Cinta
1983 Ke Ujung Dunia,
2015 Garuda Superhero
2016 Terjebak Nostalgia, The Fabulous Udin
2018 3 Dara 2

Sinetron
Nyai Dasima
Miss Bintil
Aku Ingin Pulang
Cintailah Aku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*