">

Kylie Jenner Dinobatkan Jadi Orang Kaya Termuda di Dunia

REOTAC.COMKylie Jenner dinobatkan jadi artis terkaya di usia 21 tahun. Kylie Jenner, berdasarkan data yang dirilis Forbes, adik Kim Kardashian itu berhasil mengumpulkan triliunan rupiah dalam kurung waktu empat tahun terakhir.

Kylie memulai bisnis pada tahun 2015 lalu hanya dengan 7 karyawan fulltime. Kini bisnis Kylie Cosmetics sudah memasuki usia empat tahun.

Kylie mengakui bahwa dirinya memulai dari nol dan hanya memiliki tujuh karyawan tetap dan lima freelancer. Walau dengan sumber daya terbatas, produknya berhasil dipasarkan di 50 negara dengan penjualan miliaran rupiah.

Perihal keuangan dan public relation, pasangan Travis Scott itu mempercayakan kepada ibunya, Kris Jenner.

Wanita 63 tahun ini mengelolah Kylie Cosmetics dengan perjanjian menerima 10 persen keuntungan yang berhasil diraih. Mempercayakan keluarga sendiri daripada merekrut profesional adalah keputusan yang tidak mudah.

Mengandalkan kekuatan media sosial

“Saya mengandalkan kekuatan dari media sosial, saya pikir harus memiliki jangkauan yang kuat dulu sebelum memulai apa pun,” ujar mama muda dengan pengikut 128 juta di Instagram, Twitter hingga Facebook.

Kepercayaan fans terhadap produk yang diproduksi oleh Kylie benar-benar tinggi. Ia membangun koneksi yang baik antara dirinya, apa yang dijual dan para penggemar setia.

Tanpa memiliki toko offline, tapi menghasilkan keuntungan miliaran
Sejak 2015 hingga awal 2018, ibu Stormi itu menjual produknya secara online. Mengandalkan internet justru jadi kekuatan. Menariknya, bahkan tanpa toko sekali pun, penjualan Kylie Cosmetics tak pernah sepi.

Pada pertengahan tahun 2018 lalu, Kylie menjalin kerjasama dengan Ulta dan berhasil membuka 1000 toko offline pertamanya.

Sambutan pasar sangat kuat dan membuat penjualannya meningkat drasis dengan keuntungan USD 54,5 juta atau Rp765 miliar dalam enam bulan.

Kini di usia 21 tahun, ia telah mengantongi USD 900 juta atau Rp 12,7 triliun. Kylie mencatatkan namanya sebagai orang termuda di dunia yang mencapai kekayaan senilai USD 900 juta atau Rp12,7 triliun di usia 21 tahun.

Ia bahkan mengalahkan Mark Zuckerberg yang mencapai kekayaan yang sama pada usia 23 tahun. Hal ini juga menobatkannya sebagai perempuan terkaya di dunia.

Diprotes Netizen

Kesuksesan Kylie Jenner ini ada juga yang protes. Umumnya, mereka yang tidak sepakat karena bintang Keeping Up with the Kardashians itu dianggap tidak murni mendapat predikat atas usahanya sendiri.

Kylie tumbuh dan besar dari keluarga selebriti kenamaan dunia, Kardashian-Jenner. Meski usaha kosmetik yang dimiliki Kylie betul dikembangkannya sendiri, tetapi banyak yang menilai bahwa kesuksesan dia tak lepas dari sokongan nama besar keluarganya.

“Oh ya Kylie Jenner miliarder karena usaha sendiri, tak bisa percaya seberapa jauh dia datang dari kawasan kecil di permukiman kumuh Carlisle,” sindir seorang netizen.

Ada pula yang kemudian membandingkan Kylie dengan Oprah Winfrey sebagai referensi.

“Hai Forbes. Ini baru miliarder atas usaha sendiri. Dia lahir di Kosciusko, Mississippi dan tidak pernah bersekolah karena dia miskin. Dan sekarang dia seorang miliarder. Atas usahanya sendiri.”

Bukan hanya netizen, akun resmi kamus Dictionary.com pun ikut menyinggung Forbes untuk penggunaan predikat yang diberikan kepada Kylie.

“Bukankah kita sudah membahas ini? ‘Self-made’: Memiliki kesuksesan dalam hidup tanpa bantuan,” tulisnya seraya memberi rujukan laman yang dimaksud memuat arti kata tersebut.

Meski demikian, mengutip Ace Showbiz, Forbes belum menanggapi terkait kontroversi atas predikat Kylie tersebut.

Fakta-faktanya

1. Perusahaan miliknya, Kylie Cosmetic mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 9% menjadi USD360 juta pada 2018.

2. Kylie Cosmetic ditaksir memiliki valuasi sebesar USD900 juta. Semua sahamnya dia yang punya.

3. Kylie Jenner mencetak rekor sebagai miliarder termuda yang menghasilkan uang USD1 miliar dengan usaha sendiri. Sebelumnya, Mark Zuckerberg menembus batas mengantongi USD1 miliar dari usahanya sendiri pada usia 23 tahun.

4. Ternyata, kekayaan pun belum termasuk ditambah uang cash yang ada di kantongnya, bisa dipastikan jumlah kekayaannya lebih USD1 miliar.

5. Kylie Cosmetic memiliki lebih dari 175 juta follower di akun sosial medianya, Snapchat, Instagram, Facebook dan Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*