">

Googel Doodle Hari Ini: Olga Ladyzhenskaya, Sosok Matematikawan Rusia

REOTAC.COM — Ilustrasi Olga Ladyzhenskaya Aleksandr Ivanovich Ladýzhenski, Sosok Matematikawan menjadi Google Doodle pada Kamis, 7 Maret 2019.

Olga Ladyzhenskaya  adalah dikenal sebagai matematikawan Uni Soviet yang Pernah Dilarang Masuk ke Universitas Leningrad Rusia.

Ahli matematika Rusia ini  berjuang untuk menang atas tragedi pribadi dan melewati rintangan untuk menjadi salah satu pemikir paling berpengaruh di generasinya.

Lahir di kota pedesaan Kologriv pada hari ini pada tahun 1922, Ladyzhenskaya terinspirasi untuk mencintai aljabar oleh ayahnya, seorang ahli matematika yang berasal dari bangsawan Rusia.

Olga Ladyzhenskaya Aleksandr Ivanovich Ladýzhenski baru berusia 15 tahun ketika ayahnya dipenjara dan dieksekusi oleh otoritas Soviet yang menuduhnya sebagai “musuh negara.”

Selanjutnya, ibu dan saudara perempuannya menjual pakaian, sepatu, dan sabun untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Meskipun lulus dari sekolah menengah dengan nilai bagus, dia kemudian ditolak masuk ke Universitas Negeri Leningrad karena nama keluarganya.

Setelah bertahun-tahun mengajar matematika untuk siswa sekolah menengah, Olga Ladyzhenskaya Aleksandr Ivanovich Ladýzhenski akhirnya mendapat kesempatan untuk kuliah di Universitas Negeri Moskow untuk belajar dengan ahli matematika terkenal Ivan Petrovsky.

Lalu dirinya memperoleh gelar PhD dan melanjutkan ke kepala Laboratorium Fisika Matematika di Institut Matematika Steklov.

Kemudian, dia memilih untuk tinggal di Rusia meskipun Uni Soviet runtuh dan tekanan ekonomi yang menyusul.

Penulis lebih dari 250 makalah, metode Ladyzhenskaya untuk menyelesaikan persamaan diferensial parsial tetap sangat berpengaruh.

Sebagai anggota Masyarakat Matematika St. Petersburg sejak 1959, ia menjadi presidennya pada tahun 1990.

Selain matematika, ia juga seorang pecinta alam dan seni.

Diakui oleh banyak lembaga internasional, ia dianugerahi Medali Emas Lomonosov oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia pada tahun 2002 atas kontribusinya yang mengesankan bagi dunia matematika.

Melansir Wikipedia, Olga Ladyzhenskaya memiliki nama lengkap Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya, dia dikenal dengan karya persamaan diferensial parsial dan dinamika fluida.

Kelahiran 7 Maret 1922 ini memberikan bukti secara kuat tentang konvergensi metode beda hingga untuk persamaan Navier-Stokes

Olga Ladyzhenskaya penerima penghargaan Medali Emas Lomonosov tahun 2002.

Dia adalah putri Anna Mikhailovna dan Aleksandr Ivanovich Ladýzhenski seorang guru matematika terkenal karena inspirasi dan cintanya pada matematika.

Pada Oktober 1937 ayahnya ditangkap dan dipersekusi hingga tewas oleh NKVD.

Olga muda bisa menyelesaikan sekolah menengah dikutip dari Tribunpadang.com.

Namun karena ayahnya telah menjadi “musuh rakyat”, ia dilarang masuk ke Universitas Leningrad.

Setelah kematian Joseph Stalin pada tahun 1953, Ladyzhenskaya menyelesaikan tesis doktoralnya dan diberikan gelar yang telah lama ia dapatkan.

Olga Ladyzhenskaya kemudian mengajar di sebuah universitas di Leningrad.

Dia juga mengajar di Institut Steklov dan kemudian menetap di Rusia hingga masa runtuhnya Uni Soviet di masa para profesor merasakan deflasi gaji yang masif.

Ladyzhenskaya masuk dalam nominasi untuk calon penerima Medali Fields pada tahun 1958 sebelum akhirnya diberikan kepada Klaus Roth dan René Thom.

Olga Ladyzhenskaya meninggal dalam usia 81 tahun.

Dia wafat di Saint Petersburg 12 Januari 2004 silam.

Sejumlah nama mahasiswa ternama Olga Ladyzhenskaya adalah Nina Uralt’seva, Ludwig Faddeev, dan Vladimir Buslaev.

TRIBUNWIKI:  Profil, Perjalanan Hidup, dan Ilmu Matematika Olga Ladyzhenskaya, Sosok Google Doodle
Handover

Olga Ladyzhenskaya adalah seorang matematikawan Uni Soviet dan Rusia yang dikenal karena karyanya pada persamaan diferensial parsial (terutama masalah ke-19 Hilbert) dan dinamika fluida.

Ia memberikan bukti kuat pertama tentang konvergensi metode beda hingga untuk persamaan Navier-Stokes. Ia adalah murid matematikawan Uni Soviet tersohor saat itu, Ivan Petrovsky.

Dia dianugerahi Medali Emas Lomonosov pada tahun 2002.

Persamaan diferensial parsial

Persamaan diferensial parsial (PDP) adalah persamaan yang di dalamnya terdapat suku-suku diferensial parsial, yang dalam matematika diartikan sebagai suatu hubungan yang mengaitkan suatu fungsi yang tidak diketahui, yang merupakan fungsi dari beberapa variabel bebas, dengan turunan-turunannya melalui variabel-variabel yang dimaksud.

PDP digunakan untuk melakukan formulasi dan menyelesaikan permasalahan yang melibatkan fungsi-fungsi yang tidak diketahui, yang merupakan dibentuk oleh beberapa variabel, seperti penjalaran suara dan panas, elektrostatika, elektrodinamika, aliran fluida, elastisitas, atau lebih umum segala macam proses yang terdistribusi dalam ruang, atau terdistribusi dalam ruang dan waktu.

Kadang beberapa permasalahan fisis yang amat berbeda memiliki formulasi matematika yang mirip satu sama lain. Seperti ini bentuknya:

Dinamika fluida

Dinamika fluida adalah subdisiplin dari mekanika fluida yang mempelajari fluida bergerak. Fluida terutama cairan dan gas. Penyelsaian dari masalah dinamika fluida biasanya melibatkan perhitungan banyak properti dari fluida, seperti kecepatan, tekanan, kepadatan, dan suhu, sebagai fungsi ruang dan waktu.

Disiplin ini memiliki beberapa subdisiplin termasuk aerodinamika (penelitian gas) dan hidrodinamika (penelitian cairan).

Dinamika fluida memliki aplikasi yang luas. Contohnya, ia digunakan dalam menghitung gaya dan moment pada pesawat, mass flow rate dari petroleum dalam jalur pipa, dan perkiraan pola cuaca, dan bahkan teknik lalu lintas, di mana lalu lintas diperlakukan sebagai fluid yang berkelanjutan.

Dinamika fluida menawarkan struktur matematika yang membawahi disiplin praktis tersebut yang juga seringkali memerlukan hukum empirik dan semi-empirik, diturunkan dari pengukuran arus, untuk menyelesaikan masalah praktikal.

Profil:

Nama: Olga Aleksandrovna Ladyzhenskaya

Lahir: 7 Maret 1922, Kologriv, RSFSR

Meninggal: 12 Januari 2004 (umur 81), Saint Petersburg, Rusia

Kebangsaan: Soviet–Rusia

Almamater: Universitas Moskwa

Dikenal atas: Dinamika fluida pada persamaan Navier-Stokes, masalah ke-19 Hilbert, persamaan diferensial parsial

Penghargaan: Medali Emas Lomonosov (2002)

Karier ilmiah: Bidang Persamaan diferensial parsial Institusi Universitas Saint Petersburg

Pembimbing doktoral: Ivan Petrovsky, Sergei Sobolev

Mahasiswa ternama: Nina Uralt’seva, Ludwig Faddeev, Vladimir Buslaev

Nama ayah dan ibu: Aleksandr Ivanovich Ladyzhenskii dan Anna Mikhailovna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*