">

Ferland Mendy Resmi Gabung Real Madrid : Pernah Divonis Lumpuh Dokter

Tokoh viral pekan ini di Google Trends Indonesia, nama Ferland Mendy masuk dalam daftar nama trends pada Kamis (13/6/2019).

Ferland Mendy resmi jadi pemain Real Madrid (ROMAIN LAFABREGUE / AFP)Ferland Mendy resmi jadi pemain Real Madrid (ROMAIN LAFABREGUE / AFP)

Tokoh viral pekan ini di Google Trends Indonesia, nama Ferland Mendy masuk dalam daftar nama trends pada Kamis (13/6/2019).

Perpindahannya dari Lyon Perancis ke Real Madrid melambungkan nama Ferland Mendy.

Kepastian transfer Mendy ini diumumkan oleh Madrid maupun Lyon di situs resminya masing-masing, Kamis (13/6/2019) dini hari WIB. Mendy diikat kontrak dengan durasi enam tahun.

Namun, dalam keterangan dari Lyon, Madrid disebut harus mengeluarkan dana 48 juta euro (Rp 773 miliar) yang bisa bertambah maksimal jadi 53 juta euro, tergantung dari penampilan Mendy.

Transfer Mendy akan dirampungkan dalam kurun waktu sepekan ini dan rencananya akan diperkenalkan secara resmi ke publik Santiago Bernabeu pada Rabu (19/6) pekan depan.

Mendy sendiri akan diproyeksikan mengisi pos bek kiri Madrid yang musim lalu tampil mengecewakan, baik itu Marcelo maupun Sergio Reguilon. Marcelo yang biasanya jadi pilihan utama bermain buruk dan banyak diganggu cedera.

Performa Mendy selama dua musim terakhir di Lyon yang membuat Madrid kepincut. Padahal Mendy masih bermain di divisi dua pada 2017 dan mengumpulkan 79 penampilan serta tiga gol bersama Los Gones.

Bek berusia 24 tahun itu jadi rekrutan kelima Madrid musim panas ini setelah Eder Miltao, Luka Jovic, Rodrygo Goes, dan Eden Hazard. Total belanja Madrid sudah mencapai 315 juta euro.

Padahal Mendy pernah divonis dokter tak bisa lagi bermain sepak bola. Vonis tersebut dilontarkan dokter ketika Mendy masih berusia belia. Ceritanya, dia mengalami cedera pinggul cukup parah kala masih menimba ilmu di akademi PSG. Dia bergabung bersama PSG sejak berusia 9 tahun.

Mendy menjalani perawatan di Rumah Sakit Necker-Enfants Malades dan harus absen hingga satu tahun dari lapangan hijau. Dokter menyebutkan bahwa dia tak akan bisa bermain sepak bola lagi dan harus menggunakan kursi roda sepanjang sisa hidupnya.

Kelumpuhan membuat PSG melepas Mendy. Dia dan keluarganya pun pindah ke kawasan Bullion sebelah barat daya Paris.

Di sana dia menjalani rehabilitasi dan pemulihan yang menyakitkan dan panjang. Dia akhirnya berhasil kembali berjalan dan bermain bola.

Setelah pulih Mendy bergabung dengan klub kecil Mantois 78. Performanya menarik perhatian Le Havre yang memboyongnya pada 2013.

Le Havre merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di Prancis yang menelurkan pemain seperti Riyad Mahrez, Benjamin Mendy, Paul Pogba, Dimitri Payet hingga Pierre-Emerick Aubameyang.

Rupanya perkembangan pesepakbola berdarah Senegal dan Guinea itu terus dipantau oleh Olympique Lyon. Pada 2017, Lyon memboyongnya dan menyodorkan kontrak berdurasi lima tahun.

Bersama Lyon karir Mendy semakin menanjak. Pelatih Bruno Genesio langsung memberinya kesempatan bermain di laga penting seperti Liga Eropa saat Lyon melawan CSKA Moskow.

Bahkan di musim lalu, dia disebut sebagai salah satu bek kiri terbaik di Liga Prancis. Lembaga statistik Opta Joe menyebut Mendy merupakan bek kiri yang paling banyak melakukan penggiringan bola di Liga Prancis dengan 102 kali dan masuk ke dalam lima bek kiri terbaik dalam hal tersebut di lima liga besar Eropa.

Dengan performanya yang apik tak heran jika kemudian Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamp meliriknya.

Ferland Mendy bermain pada laga persahabatan kontra Uruguay pada November tahun lalu. Kini dia pun akan bermain di bawah asuhan salah satu idolanya, Zinedine Zidane.

Hingga kini jumlah dana yang yang dikeluarkan Real Madrid mencapai 300 juta pound sterling (Rp 5,4 triliun). Media Spanyol, Marca, menyebutkan, belanja klub Liga Spanyol itu belum akan berakhir. Mereka masih akan menjual pemain lalu membeli pemain yang baru.

Real Madrid melakukan perombakan besar-besaran di timnya karena tak berhasil menorehkan hasil memuaskan pada musim lalu. Mereka gagal mempertahankan gelar Liga Champions dan hanya menempati posisi ketiga di La Liga Spanyol.

Pembelian Mendy sebagai upaya Real Madrid memperkuat area pertahanan. Musim lalu, lini belakang dinilai penyebab klub ibu kota Spanyol ini gagal di tiga kompetisi utama.

Seperti dilansir Squawka News, Mendy telah menandatangani kontrak selama enam tahun bersama Real Madrid. Namun, besaran gajinya belum terungkap.

Real Madrid juga harus membayar dana tambahan 5 juta euro kepada Lyon apabila Mendy berhasil mengantarkan prestasi sesuai yang ditargetkan. Kedatangan Mendy disebut-sebut untuk menggantikan Marcelo, yang mulai menurun performanya dan diprediksi akan dilepas.

Sebelum membela Lyon sejak 2017, Mendy bermain untuk Le Havre. Pemain berusia 24 tahun ini tampil 79 kali dan mencetak tiga gol serta tujuh assist selama berseragam Lyon.

Sejauh ini, dia memiliki empat caps bersama Timnas Prancis. Debutnya terjadi pada November 2018 ketika Les Bleus melakoni laga persahabatan kontra Uruguay.

Transfer ini menjadi tambahan pengeluaran Real Madrid pada kisaran 300 juta euro. El Real berusaha bangkit setelah terpuruk pada musim 2018-2019.

Siapakah Mendy? Berikut sejumlah fakta tentang pemain ini:

– Mendy, yang kini berusia 24 tahun, lahir di kota kecil Ecquevilly, dekat Paris, Prancis. Ia memiliki darah senegal. Di kota itu pula ia memulai merintis karier sepak bola, awalnya berposisi sebagai striker, namun dalam perkembangannya ia lebih memilih menjadi bek kiri.

– Ia sempat menimba ilmu di akademi PSG pada 2004-2012. Kemudian mulai meniti karir di Le Havre. Merangkak dari tim B, ia akhirnya masuk tim utama klub itu 2015. Selama tiga musim di klub Ligue 2 itu ia bermain 51 kali dan menyumbang dua gol. Di klub ini ia sempat menyabet penghargaan bek kiri terbaik Ligue 2.

– Ia kemudian menarik minat pelatih Lyon dan bergabung dengan klub itu pada 2017. Selama dua musim ini tampil 79 kali dan mencetak 3 gol.

– Ia sudah jadi bagian dari timnas Prancis. Ia mulai dipanggil pada November 2018 dan kini sudah bermain 3 kali.

– Mendy dikontrak Real Madrid selama enam tahun hingga 2025. Ia menjadi pemain baru kelima yang direkrut klub di bursa transfer ini, setelah Eden Hazard, Luka Jovic, Eder Militao, dan Rodrygo.

– Zinedine Zidane mendatangkan Ferland Mendy sebagai pelapis Marcelo. Untuk itu, Mendy harus bersaing dengan pemain lainnya, seperti Sergio Reguilon, Theo Hernandez, dan Achraf Hakimi. (*)

Embedded video

Real Madrid C.F.⚽

@realmadrid

👉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*